Main Article Content

Fristi Riandari
Penda Sudarto Hasugian
Agustina Simangunsong
R. Mahdalena Simanjorang

Abstract

E-Office, adalah istilah yang diciptakan untuk menutupi meningkatnya penggunaan komputer berbasis teknologi informasi untuk pekerjaan kantor. Seiring perkembangan zaman serta dengan kebijakan penerapan reformasi birokrasi di Indonesia yang mewajibkan setiap proses bisnis/kegiatan kantor pemerintahan  daerah harus berjalan dengan efisien dan efektif yang menyebabkan terjadinya transformasi proses bisnis dari sistem konvensional atau manual ke sistem otomatisasi. Proses bisnis yang dilakukan secara manual (document driven)menggambarkan pengiriman sebuah dokumen, misalnya surat yang masih berupa hardcopy, dan dikirimkan dengan kurir antar unit di lingkungan kantor. Dengan penerapan e-goverment di lingkungan kantor pemerintahan daerah, aplikasi e-office adalah salah satu produk dari e-goverment yang bertujuan untuk penerapan reformasi birokrasi. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi implementasi aplikasi e-office pada kegiatan perkantoran serta  mengetahui  seberapa  besar  aplikasi  e-office  dapat  mendukung program  reformasi  birokrasi yang dilakukan pemerintah. Contohnya Puslitbang Jalan dan Jembatan mencoba memanfaatkan e-office dalam mendukung kegiatan perkantorannya. Pemanfaatan E-office terbukti dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari kegiatan perkantoran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riandari, F., Hasugian, P. S., Simangunsong, A., & Simanjorang, R. M. (2018). PKM : Penyuluhan Pengimplementasian Aplikasi E-Office Untuk Mendukung Penerapan E-Goverment Di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara: Penyuluhan Pengimplementasian Aplikasi E-Office Untuk Mendukung Penerapan E-Goverment Di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 1(2, Nopembe), 56-60. Retrieved from https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/616
References
Toro, Kuncoro, 2011, http://birokrasi.kompasiana.com/2011/10/04/reformasi-birokrasi-di-indonesia398477.html, diakses tanggal 11 Juli 2013.
Indrajit, Richardus Eko (2004). E-government Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta:Andi Offset.
Robles, M. (2001). The e-Office: What Exactly it is? Office Solutions; Mt Airy 18(6) Pages 43-45.
Inpres No.3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan egovernment.(http://www.bappenas.go.id/node/133/2173/inpres-no3-tahun-2003-tentang-kebijakan-danstrategi-nasional-pengembangan-e-governmet/, diakses 12 Januari 2013)
Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, 2008, Laporan Pengembangan Teknologi Informasi Pusjatan T.A.2008. Bandung:Kementerian PU.
P. Hasugian, J. Manurung, J. Marpaung, and R. Tarigan, “PKM : Pelatihan Pemrograman Dasar Bagi Siswa/i RPL di SMK Methodist 8 Medan”, abdimas, vol. 1, no. 1, Mei, pp. 1-6, May 2018.
N. A. Sinulingga, O. Manahan, and E. Panggabean, “PKM : Pelatihan Tentang Ms.Word & Excel Kepada Panti Asuhan Yayasan Adonai Cinta Anak Nusantara (YACAN) Namorambe”, abdimas, vol. 1, no. 1, Mei, pp. 7-13, May 2018.
N. Nuraisana, Y. Perwira, and W. Apriani, “PKM : Pelatihan Internet Dan Power Point Untuk Siswa Dan Guru-Guru SMA Kemala Bhayangkara 1 Medan”, abdimas, vol. 1, no. 1, Mei, pp. 14-18, May 2018.
R. Siahaan, H. Pandiangan, and W. Apriani, “PKM : Pelatihan Jaringan Komputer LAN Siswa-Siswi SMK Teladan Medan”, abdimas, vol. 1, no. 1, Mei, pp. 19-28, May 2018.
Indrajit, Richardus Eko (2005). E-government in action. Yogyakarta:Andi Offset.
Indrajit, Richardus Eko (2002). Membangun Aplikasi E-government. Jakarta:PT Elek Media Komputindo.