PKM : Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Desa Sampurtoba Kecamatan Harian Kabupaten Samosir Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat

Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Desa Sampurtoba Kecamatan Harian Kabupaten Samosir Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat

  • R. Mahdalena Simanjorang STMIK Pelita Nusantara
  • Petti Indrayati Sijabat STMIK Pelita Nusantara
  • Amran Sitohang STMIK Pelita Nusantara, Medan
Keywords: Pemberdayaan ibu rumah tangga, Tanaman Obat Keluraga

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk  meningkatkan sikap peduli, empati mahasiswa dan kondisi keberadaan masyarakat terhadap perekonomian dalam meningkatkan taraf hidup dan pemenuhan obat tradisional yang berasal dari tanaman obat keluarga (TOGA). Kegiatan akan dilaksanakan dengan menggunakan perpaduan antara metode  pemberdayaan masyarakat, diklat dan pendampingan dengan melibatkan Mahasiswa Peserta Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Sampurtoba. Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan pemberdayaan dan  Pendampingan  kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga yang memiliki lahan pekarangan untuk TOGA di Desa Sampurtoba. Kelompok masyarakat yang   memiliki TOGA diberikan pelatihan pemanfaatan Tanaman Obat Keluraga (TOGA). Tahapan berikutnya adalah upaya dalam Pembuatan Jamu instant di sertai dalam pengawasan penggunaan jamu instant terhadap masyarakat Desa Sampurtoba Kecamatan Harian Kabupatenm Samosir Target akhir dari kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat ini adalah melakukan pemberdaayan kepada ibu rumah tangga dalam sentuhan ilmu dan teknologi bagi dosen mahasiswa dan masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai basis ekonomi local masyarakat.

References

Chambers, S. 1991, Women in The Thind World Gender Issues in Rural and Urban Areas. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Goni, J. H, 1993. Upaya peningkatan pembangunan masyarakat desa Pantai di Sulawesi, Makalah disampaikan pada Acara Silahturami Antara cedekiawan dan pimpinan ABRI se Sulawesi di Ujung Pandang.

Hardjono, 1991, strategi pengarapan KB di Daerah Pantai, BKKBN, Jakarta.

Mantjoro E, 1988, Pendapatan dan Taraf Hidup Nelayan di beberapa Desa Pantai Sulawesi Utara, Fakultas Perikanan Unsrat, Manado.

Nasution, D. 1995. Faktor – faktor penyebab kemiskinan dan kesenjangan di Indoneisa. Editor Awan setya Decanta, Aditya Media, Jakarta.

Sugyogyo, P,1983. Peranan wanita dalam perkembangan Masyarakat Desa, CV. Rajawali bekerjasama dengan yayasan Ilmu – Ilmu Sosial (YINIS), Jakarta.

Subidyo, B. 1995. Substansi Kemiskinan dan Kesenjangan, (ed) Awan Setya Dewanta, Aditya Media. Jakarta.

Sughandi A, 1980. Dasar – daasar pemikiran untuk penyusunan strategi nasional pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Lautan, Kantor Menteri Negara KLH, Jakarta.

Suseno D. 1995, Kualitas sumber Daya Manusia Masyarakat Nelayan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Hasugian, P., Manurung, J., Marpaung, J. and Tarigan, R. (2019) “PKM : Pelatihan Pemrograman Dasar Bagi Siswa/i RPL di SMK Methodist 8 Medan”, TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 2(2, Nopembe), pp. 65-70. Available at: https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/543

Published
2020-05-01
How to Cite
Simanjorang, R., Sijabat, P., & Sitohang, A. (2020). PKM : Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Desa Sampurtoba Kecamatan Harian Kabupaten Samosir Dalam Penanaman Dan Pemanfaatan Tanaman Obat. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 9-18. Retrieved from https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/529