PKM : Peningkatan Kreativitas Siswa SMA Sekota Medan Dengan Pengenalan Teknologi Augmented Reality 3D Menggunakan Android

Peningkatan Kreativitas Siswa SMA Sekota Medan Dengan Pengenalan Teknologi Augmented Reality 3D Menggunakan Android

  • Paska Marto Hasugian STMIK Pelita Nusantara
  • Fristi Riandari STMIK Pelita Nusantara
  • Yuda Perwira STMIK Pelita Nusantara
Keywords: pengabdian, masyarakat, augmented reality, unity 3D

Abstract

Sesuai dengan tema pengabdian kepada masyarakat yang akan sudah adakan pada Semester Genap 2015 ini, konsep pengabdian akan menerapkan suatu teknologi augmented reality berbasis 3D, dengan menggunakan software Unity 3D yang akan kita laksanakan adalah berbentuk pelatihan pembuatan augmented reality 3D yang menghasilkan suatu produk promosi untuk sekolah di SMA Sekota Medan. Kegiatan pelatihan ini di praktekan langsung pada laboraturium komputer SMA Sekota Medan dan di isi dengan sesi tanya jawab, ceramah di Modul pelatihan ini juga akan di berikan pada setiap peserta murid. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kreativitas siswa SMA Sekota Medan yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, dunia kerja ataupun berwirausaha. Pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan keterampilan dan kreativitas dengan menggunakan software unity 3D. Sehingga nantinya ketika mereka terjun ke dalam masyarakat dapat memiliki skill yang di dapatkan dari pelatihan tersebut. Dari Hasil Survey wawancara yang kami laksanakan dapat di tarik kesimpulan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat mampu memberikan manfaat, tepat sasaran sehingga memberikan suatu wawasan baru pengetahuan baru di bidang teknologi informasi augmented reality 3D yang selama ini belum pernah diajarkan pada sekolah tersebut.

References

Hasugian, P., Manurung, J., Marpaung, J. and Tarigan, R. (2019) “PKM : Pelatihan Pemrograman Dasar Bagi Siswa/i RPL di SMK Methodist 8 Medan”, TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 2(2, Nopembe), pp. 65-70. Available at: https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/543

Published
2020-05-01
How to Cite
Hasugian, P., Riandari, F., & Perwira, Y. (2020). PKM : Peningkatan Kreativitas Siswa SMA Sekota Medan Dengan Pengenalan Teknologi Augmented Reality 3D Menggunakan Android. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1, Mei), 1-8. Retrieved from https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/528