Main Article Content

Ibnu Rasyid Munthe
Ramadani Pane
Budianto Bangun
Ali Akbar Ritonga
Inez Chania Panjaitan

Abstract

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada Siswa/i Ibay Komputer Rantauprapat dengan baik peserta dan staf yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 35 orang dimana siswa yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan dari tingkat SMA Sebanyak 10 orang dengan persentase 29%, pelajar tingkat SMK sebanyak 20 orang dengan persentase 57%, kemudiaan Diploma sebanyak 5 orang dengan persentase 14%, siswa dan staf yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan tersebut. Hasil Post Test yang dilakukan diakhir acara siswa dan staf yang memahami materi penyuluhan dan pelatihan teknologi robotika dan animasi yang menyatakan paham sebanyak 29 orang dengan persentase 83% dan 6 orang yang menyatakan tidak paham dengan persentase 17%. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa animo terhadap acara penyuluhan dan pelatihan teknologi robotika dan animasi sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa para Siswa/I dan staff ibay komputer menyambut positif kegiatan yang telah dilakukan. Sesuai dengan harapan mereka sangat mengharapkan adanya kegitan-kegiatan yang sifatnya memberikan edukasi dan pelatihan memberi pengetahuan yang baru dan inovasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Munthe, I. R., Pane, R. ., Bangun, B. ., Ritonga, A. A. ., & Panjaitan, I. C. . (2021). PkM: Penyuluhan dan Pelatihan Teknologi Robotika dan Animasi. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 4(1), 1-7. Retrieved from https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/1131
References
[1] K. Mufarola and A. R. Murbowo, “MANFAAT PEMBELAJARAN ROBOTIKA UNTUK BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR |,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 2019, pp. 407–416.
[2] G. Lingga, A. Kusuma, P. Sekolah, and T. Desain Bali, “PEMANFAATAN ANIMASI PROMOSI DALAM MEDIA YOUTUBE,” in Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), Feb. 2019, vol. 2, pp. 259–265.
[3] D. A. Winarno, Bikin Robot Itu Gampang - - Google Buku. PT. Kawan Pustaka, 2011.
[4] P. Soenyoto, Animasi 2D -. PT. ELexmedia Komputindo, 2017.
[5] R. KURNIAWATY, “Pengembangan Media CAI (Computer Assisted Instruction) pada Mata Pelajaran TeknikaAnimasin2 Dimensi dan 3 Dimensi Materi Pokok Konsep Dasar Obyek 3 Dimensi dalam Sketsa Rancangan,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., vol. 9, no. 2, 2018.
[6] L. Joni Erawati Dewi, G. Rasben Dantes, I. Ketut Purnamawan, and A. Aan Jiwa Permana, “PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TIK BAGI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN DI DESA SANGSIT,” in Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 2019, vol. 4, pp. 1256–1261.
[7] S. N. Guru SMK, “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI TKR I SMK Negeri 5 Semarang Pada Materi Larutan Asam dan Basa Tahun Pelajaran 2015/2016,” 2019.