Main Article Content

Galih Wicaksono
Edy Wahyudi
Rena Yunita Rahman

Abstract

Kelompok Tani Kenongo Mukti merupakan kelompok tani yang bergerak di bidang usaha kopi yang berada di Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Sebagaimana kelompok tani yang lain, kelompok tani kenongo mukti juga mengalami berbagai permasalahan yang terkait dengan manajemen usaha. Beberapa permasalahan tersebut antara lain terkait terbatasnya produksi kopi yang dihasilkan akibat peralatan yang dimiliki masih sederhana, pengemasan yang dilakukan membutuhkan waktu yang lama dan kurang rapi akibat peralatan dalam pengemasan masih menggunakan seterika dan penggaris. Permasalahan berikutnya yaitu terkait dengan pengelolaan keuangan, dimana mitra masih belum menguasai terkait pengelolaan keuangan usaha secara efektif dan efisisen, sehingga mitra tidak dapat menentukan dengan baik berapa laba atau rugi yang dihasilkan dari usaha. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, Tim PKM melakukan intervensi yaitu dengan memberikan hibah peralatan berupa mesin roasting dan mesin sealer, serta melakukan berbagai jenis pelatihan seperti pelatihan pengelolaan kopi, pelatihan pengemasan kopi, serta pelatihan pengelolaan kopi. Dengan adanya berbagai intervensi yang dilakukan tersebut, maka dapat mengurangi permasalahan yang dihadapi oleh mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wicaksono, G., Wahyudi, E. ., & Rahman, R. Y. . (2020). PkM: Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Tani Kopi di Kalibaru Banyuwangi. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(2, Nopembe), 156-163. Retrieved from https://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/1082
References
Affiah, H. (2020). Javanese Speaker’s Attitude Toward Their Speech Levels In Desa Danau Sijabut. L’Geneus : The Journal Language Generations of Intellectual Society, 9(2), 5-12. https://doi.org/10.35335/lgeneus.v9i2.2
BPS Kabupaten Banyuwangi. 2016. Statistik Daerah Kecamatan Kalibaru 2016. Banyuwangi.
Jayanti, Ni Ketut Dewi Ari, dkk. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Nilai Jual dan Pemasaran UKM Kopi Bali. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah. Vol. 7 No.2 Desember 2016.
Universitas Jember. 2016. Pengembangan Kopi Rakyat Menuju Sistem Organik Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Roadmap RIP Universitas Jember 2016-2020. Jember.
www.wartaagro.com